BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Senin, 12 Juli 2010

Bangkitnya Imperium Spanyol

Piala Dunia 2010 akhirnya berakhir juga. Juara baru pun telah muncul. Adalah Spanyol yang memastikan diri menjadi negara ke-8 yang merengkuh trofi FIFA World Cup. Hasil itu terjadi usai Spanyol berhasil mengalahkan Belanda lewat sebiji gol Andres Iniesta di penghujung babak kedua perpanjangan waktu. Gol itu menjadi gol satu-satunya setelah sebelumnya banyak sekali peluang Spanyol untuk menghasilkan gol malah tak jadi kenyataan.

Spanyol memang dominan dalam pertandingan final itu. Dengan permainan indah tiki-taka mereka berusaha keras menembus pertahanan Belanda yang begitu kuat dan bahkan cenderung keras. Setidaknya 8 kartu kuning dan satu kartu merah adalah bukti untuk skuad de oranje yang pada partai final malah bermain bertahan ala Italia. Ini sesungguhnya bukan ciri khas Belanda yang selalu bermain menyerang total. Meski begitu Belanda juga memperoleh kesempatan lewat serangan balik. Tercatat Arjen Robben dua kali punya kesempatan di depan gawang. Sayang, gagal.

Spanyol memang pantas untuk menjadi juara dunia. Permainan indah mereka memang memukau walau terkadang itu harus dibayar mahal dengan pelanggaran keras yang kerap dialami para personelnya. Rupanya kemenangan dua tahun yang lalu di Piala Eropa masih berbekas di Spanyol dan akhirnya menular ke Piala Dunia meskipun dalam Piala Dunia ini langkah mereka rada tersendat di penyisihan grup.

Akhirnya Spanyol kini bisa disamakan dengan raksasa sepakbola dunia lainnya seperti Brasil, Italia, Jerman, Argentina, dan Perancis. Sebelum-sebelumnya Spanyol dalam peta sepakbola dunia hanya digolongkan sebagai negara menengah karena prestasinya yang tidak konsisten dan seimbang. Spanyol selalu unggul di babak kualifikasi tetapi melempem di turnamen yang sebenarnya. Ada juga yang mengatakan apa yang dialami Spanyol pada waktu itu adalah ironi karena berbeda dengan penampilan klub-klubnya di Eropa dan dunia. Namun, pada akhirnya semua bisa dihempas. Imperium Spanyol akhirnya bangkit lagi.

0 komentar: