BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Kamis, 25 November 2010

Piala AFF 2010: Pesta sepakbola ASEAN

Minggu depan atau tepatnya Rabu, 1 Desember 2010, piala AFF Suzuki Cup (dahulu piala Tiger) akan kembali digelar untuk kesekian kalinya. Ajang dua tahunan itu akan diselenggarakan di dua negara tuan rumah penyelenggara, Indonesia dan Vietnam  mulai tanggal 1 hingga 29 Desember 2010.

Piala AFF adalah semcam kompetisi tingkat regional se-Asia Tenggara dengan pesertanya berasal dari negara-negara di kawasan tersebut atau dalam hal ini negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN plus Timor Leste. Kejuaraan ini sendiri sudah ada sejak 1996 dengan disponsori oleh perusahaan minuman keras asal Thailand, Tiger sehingga dinamakan piala Tiger. Dalam sejarah penyelenggaraannya, tercatat baru sampai saat ini hanya 3 tim yang mampu menggenggam mahkota juara. Mereka adalah Thailand (3), Singapura (2), dan Vietnam (1). Sementara tim-tim lain seperti Indonesia dan Malaysia belum pernah sama sekali. Khusus untuk Indonesia, tim dari negara terbesar di Asia Tenggara ini hanya mampu menjadi runner-up berturut-turut sebanyak 3 kali mulai dari 2000-2005.

Pada edisi kali ini dengan menggandeng Suzuki sebagai sponsor, tuan rumah Indonesia akan berada di grup A bersama-sama dengan Thailand, Malaysia, dan Laos. Sementara tuan rumah lainnya, Vietnam yang sekaligus juara bertahan berada di grup B bersama-sama dengan Singapura, Myanmar, dan Filipina. 

Jika dilihat dari pemetaan grup jelas grup A paling berat karena diisi oleh semua raksasa Asia Tenggara. Apalagi bagi Indonesia yang berposisi sebagai tuan rumah dan menargetkan juara di depan publik sendiri. Sebuah misi yang harus dilaksanakan mengingat buruknya performa tim merah-putih sehingga dilakukanlah reformasi dengan pergantian pelatih dan pemanggilan pemain-pemain baru. Melihat Indonesia berada dalam grup tersebut muncul banyak keraguan apakah Indonesia bisa?

Sedangkan Vietnam bisa dibilang relatif santai. Lawan terberat mereka adalah Singapura, negara kecil di semenanjung Malaya sehingga bisa dikatakan peluang Vietnam untuk maju ke babak berikut dan mempertahankan gelar terbuka lebar.

Pertandingan pertama nanti semua akan dilakukan di Indonesia baru keesokan harinya di Vietnam. Dibuka dengan pertandingan antara Thailand dengan Laos dan kemudian dilanjutkan dengan pertandingan Indonesia versus Malaysia. Justru partai inilah yang ditunggu-tunggu semua pecinta sepakbola tanah air. Pertemuan kedua tim dijamin akan panas sebab akan dicampuri sentimen politik kedua negara yang sering memanas dalam beberapa tahun terakhir terutama menyangkut masalah kedaulatan. Bisa dipastikan SUGBK akan menjadi ajang teror psikologis kepada para pemain Malaysia oleh penonton Indonesia. Teror itu juga bisa berlanjut di lapangan. Meskipun begitu diharapkan hal-hal yang tidak diinginkan jangan sampai terjadi.

Dalam pertandingan nantinya Indonesia kemungkinan harus waspada bahwa Malaysia bukanlah tim sembarangan. Dalam beberapa tahun terakhir saja Indonesia sulit mengalahkan Malaysia. Kedua tim diprediksi akan menampilkan banyak pemain muda. Namun, tim muda Malaysia ternyata sedikit lebih unggul karena pada 2009 berhasil menjadi juara SEA GAMES. Untuk itulah Indonesia harus tetap waspada. Keberadaan dua pemain naturalisasi dalam tubuh tim, Christian Gonzales dan Irfan Bachdim harus dimanfaatkan secara optimal mengingat keduanya sudah menjalani peran yang terbaik pada dua uji coba terakhir melawan Timor Leste dan Taiwan.

0 komentar: