BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Senin, 01 November 2010

Klub-klub Tentara dan Polisi

Tentara dan polisi bagi sebagian masyarakat umum tentu selalu ada kaitannya dengan penegakan keamanan dan stabilitas nasional dari berbagai macam ancaman baik yang sifatnya kecil maupun besar. Namun, kedua institusi bersenjata dan pengamanan tak melulu identik dengan berbagai macam hal-hal yang berada di habitat aslinya malahan kedua-duanya juga aktif di lapangan hijau melalui klub-klub yang mereka miliki.

Ya, klub-klub milik tentara dan polisi adalah klub-klub yang sebenarnya dibentuk sebagai rekreasi tentara dan polisi dari tugas sehari-hari mereka yang melelahkan. Oleh karenanya, banyak dari para pemainnya adalah langsung dari kedua institusi tersebut. Namun, lama-kelamaan klub-klub ini tidak hanya lagi sebagai ajang rekreasi semata tetapi juga sebagai ajang untuk mencoba mencari eksis dan memperoleh keuntungan finansial dengan berlaga di liga-liga yang sifatnya semi-profesional dan profesional sehingga para pemainnya pun tidak lagi dari pemilik yang bersangkutan tetapi dari luar dan digaji sebagaimana layaknya pemain-pemain profesional.

Di dunia ini ada sekitar 20 klub milik tentara dari 16 negara dan 17 klub milik polisi dari 15 negara. Kebanyakan  memang berlokasi di negara-negara sepakbola menegah dan ketiga seperti Rusia, Singapura, Ekuador, dan India dan hanya beberapa saja yang bersifat semi-profesional dan profesional dan berada di kasta tertinggi liga sepakbolanya seperti CSKA Moskow (Rusia), Espoli dan El Nacional (Ekuador), Singapore Armed Forces serta Home United (Singapura). Selebihnya berada di bawah liga tertinggi atau malah di bawah lagi dan bersifat amatir.

Untuk klub yang terkenal dari kalangan ini tentu saja semua sudah sepakat menunjuk pada CSKA Moskow, klub Rusia pertama yang pernah menjuarai Piala UEFA 2005 dan pernah diperkuat salah satu pemain bintang Brasil, Vagner Love.

0 komentar: