BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Jumat, 26 November 2010

Piala Dunia Antarklub 2010

Pada bulan depan tanggal 8 Desember nanti, FIFA, selaku badan tertinggi sepakbola sejagad akan menggelar hajatan berupa FIFA Club World Cup untuk yang kesekian kali sejak 2000. Ajang ini sama seperti tahun lalu akan diadakan di Uni Emirat Arab tepatnya di Abu Dhabi dan akan berakhir pada 18 Desember 2010. Ada dua stadion yang akan digunakan yaitu, Zayed Sports City dan Mohammed bin Zayed Stadium.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah tim yang berkompetisi ada 7 tim. Enam di antaranya sebagaimana peraturan FIFA adalah tim-tim yang menjuarai kompetisi antar-region masing-masing ditambah satu tim tuan rumah. Mereka adalah Inter Milan (Italia/Eropa), Internacional (Brasil/Amerika Selatan), Pachuca (Meksiko/ Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), Seongnam Ilhwa Chunma (Korsel/Asia), Hekari United (Papua Nugini/Oseania), dan TP Manzembe (Kongo/Afrika). Sedangkan satu lagi adalah tim tuan rumah yaitu, Al Wahda.

Kompetisi dikarenakan pesertanya sedikit hanya akan memakai sistem gugur. Pada pertandingan pertama nanti tuan rumah Al Wahda akan menantang Hekari United. Pemenang dari pertandingan akan bertemu wakil Asia, Seongnam Ilhwa dan selanjutnya pemenang ini akan bertemu dengan Inter Milan.
Di sisi lain, akan ada pertandingan antara TP Manzembe dengan Pachuca. Salah satu pemenangnya akan bertemu dengan Internacional.

Terlihat jelas ada pemberian keistimewaan bagi wakil dari Eropa dan Amerika Latin yang memang merupakan kiblat sepakbola dunia hingga saat ini. Wakil-wakil dari kedua benua ini hanya akan bermain dua kali dan sudah pasti orang akan selalu memprediksi bahwa keduanya harus bertemu di final agar bisa menjaga mutu turnamen. Jadi, bisa dibilang banyak yang menginginkan ada duel dua Inter di ajang kali ini.

Sementara wakil lainnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata terutama wakil-wakil dari Asia yang dalam tiga tahun terakhir selalu menembus semifinal dan menduduki peringkat ketiga. Wakil Asia tahun kemarin yang melakukannya adalah Pohang Steelers dari Korsel.

0 komentar: