BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Rabu, 26 Januari 2011

Ringkasan dunia sepakbola Januari 2011

Pertama-tama saya mau ucapkan dulu selamat Tahun Baru 2011-meskipun telat-untuk mengawali kembali aktifitas ngeblog saya yang terhenti selama sebulan lebih. Harapan saya sama seperti semuanya mengharapkan sesuatu yang lebih baik untuk semua hal terutama untuk sepakbola Indonesia. Akhir tahun kemarin memang sungguh menyesakkan bagi para pecinta sepakbola tanah air karena timnas Indonesia gagal menjuarai piala AFF untuk pertama kalinya setelah kalah agregat dari Malaysia di final. Sudah pasti ada yang begitu kesal dengan final ini karena banyak kejadian yang sungguh tidak sedap bagi kita seperti tragedi sinar laser. Namun, lepas dari itu semua kita tetap harus memberikan apresiasi bagi timnas yang bermain cantik dan sportif seperti idaman semua orang dan harus diakui bahwa Malaysia memang unggul pengalaman.

Di Januari 2011 sudah banyak berita sepakbola yang membahana. Di tanah air apresiasi masyarakat Indonesia terus berlanjut dengan antusias melihat dan terus mengamati seleksi timnas U-23 yang dipersiapkan untuk SEA Games 2011 di Palembang. Dalam seleksi itu muncul beberapa nama baru dan yang menjadi perhatian adalah para pemain keturunan seperti James Saragih, Arthur Irawan, Andrea Bitar, Jordy de Kat dan Ruben Wuarbanaran. Nama yang terakhir disebut lolos dari seleksi meskipun ia diragukan bisa kembali ke Indonesia karena cedera.

Selain seleksi berita tentang digelarnya LPI atau Liga Primer Indonesia menjadi berita hangat di tengah-tengah tidak diakuinya kompetisi itu oleh PSSI. Di dalam LPI pun terdapat 3 dan 1 tim yang membelot dari ISL dan divisi utama yaitu, Persema, PSM, Persibo, dan Persebaya. Nama Persema menjadi sorotan karena di dalamnya ada sosok Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan.

Di bulan ini juga kongres PSSI di gelar di Bali dan juga jambore suporter sebagai penentang kongres yang digelar secara tertutup dan sarat muatan politis.

Terakhir nama Boaz Solossa, striker timnas dan Persipura dikabarkan sedang didekati oleh salah satu klub Belanda, VVV Venlo. Semoga saja terwujud.

Lalu bagaimana dengan berita di sepakbola luar negeri bulan ini?

Selain tentunya berita-berita transfer antar pemain juga ada berita mengenai kompetisi sepakbola antarnegara Asia, Piala Asia yang digelar di Qatar sejak 7 Januari kemarin. Di turnamen kali tanpa disangka banyak tim dari Asia Barat tumbang dan pada akhirnya tim-tim dari Asia Timur akan menjadi juara. Tim kuat Arab Saudi tersingkir lebih awal, juara bertahan Irak terhenti sampai perempat final serta Iran juga mengalami nasib yang sama. Yang mengejutkan adalah tampilnya tim dari Asia Tengah, Uzbekistan yang mampu mencapai semifinal dan juga Australia yang baru dua kali tampil pada turnamen kali bisa sampai ke final dan akan menantang Jepang. Australia juga dipercaya oleh AFC untuk menggelar turnamen ini pada 2015.

0 komentar: