BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Rabu, 26 Mei 2010

Mengukur Peluang-peluang Tim-tim Asia Di Piala Dunia 2010

Piala Dunia adalah ajang tim-tim dari seluruh dunia. Itu berarti setiap benua mempunyai perwakilannya tak terkecuali Asia. Pada Piala Dunia kali ini Asia diwakili oleh 4 negara saja-seperti yang sudah-sudah-yaitu, Jepang, Australia, dan dua Korea, Korsel dan Korut. Keempat tim di atas tersebut merupakan tim-tim yang dinilai kuat di benua Asia. Ini juga untuk ke-14 kalinya wakil-wakil benua Kuning berpartisipasi di ajang empat tahunan tersebut sejak 1938. Namun dari 14 kali penampilan itu prestasi yang diraih hanya bisa dihitung dengan jari. Ini dikarenakan banyaknya tim-tim Asia yang selalu kandas di babak penyisihan dan ketika hal itu terjadi banyak pihak yang mengatakan bahwa sepakbola tidaklah cocok untuk Asia yang heterogen juga karena terlambatnya perkembangan sepakbola profesional di benua ini. Sepakbola profesional di benua ini saja baru berkembang pada awal 90-an.
Di Piala Dunia tim-tim dari benua kuning yang pertama kali berprestasi adalah Korea Utara yang mencapai perempatfinal Piala Dunia 1966 disusul kemudian Arab Saudi yang lolos hingga perdelapanfinal Piala Dunia 1994 pada debutnya dan kemudian puncaknya adalah Korea Selatan yang mencapai semifinal di PD 2002 saat menjadi tuan rumah bersama Jepang yang juga lolos walau hanya sampai babak perdelapanfinal. Pada 2006 prestasi tim dari Asia hanya diwakili Australia yang mampu lolos hingga ke perdelapanfinal sementara tim-tim Asia asli lainnya terkapar.
Selain prestasi beberapa kekalahan termasuk kekalahan memalukan juga sering diderita tim-tim Asia. Kita tentu masih ingat pada Piala Dunia 1998 di Perancis ketika tak satu pun tim-tim dari Asia lolos dari penyisihan grup dan dicukur habis-habisan oleh tim-tim kuat seperti Korsel yang K.O 5-0 oleh Belanda atau Arab Saudi yang K.O 4-0 oleh Perancis dan memang semakin menegaskan bahwa tim-tim dari Asia memang tidak berjiwa sepakbola.
Lalu bagaimana peluang di Piala Dunia 2010 ini?
Secara matematis tim-tim dari Asia ini mempunyai peluang yang sekitar 50:50. Hal itu terutama ada pada Korea Selatan yang diperkirakan bisa lolos ke babak berikut asal tetap konsisten. Korsel sendiri tergabung di grup B bersama Argentina, Nigeria, dan Yunani. Selain Korsel ada juga Australia yang berada di grup D yang justru bisa mengimbangi kekuatan Jerman dan Serbia di grup tersebut karena keeropaan Australia sendiri. Peluang berat justru dimiliki Jepang dan Korut terutama Korut yang tergabung dalam grup neraka karena diapit dua seleccao, Brazil dan Portugal. Bila bisa lolos dari penyisihan grup tim-tim Asia kemungkinan besar hanya sampai pada babak perdelapanfinal dan perempatfinal dan kelihatannya Australia yang kemungkinan besar juga dapat diharapkan untuk melaju sampai sejauh itu.
Namun, bagaimanapun itu hanya di atas kertas saja. Karena untuk yang sebenarnya pun kita belum akan melihatnya.  Juga di atas kertas semuanya bisa saja meleset karena berbagai macam hal. Akan tetapi, dalam waktu yang belakangan ini tim-tim dari Asia sudah tidak bisa dianggap remeh lagi sejak pencapaian bagus mereka pada 2002.

0 komentar: