BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »
Powered By Blogger

Latest Photos

Latest News

Rabu, 19 Mei 2010

Naturalisasi: Pentingkah?


Ketika sepakbola nasional semakin terpuruk selalu datang usulan untuk memperbaiki. Baik dengan proses atau instan. Nah, rupanya yang lebih diutamakan adalah cara yang instan alias praktis dan pragmatis serta tidak buang banyak biaya. Cara tersebut adalah naturalisasi. Sebagaimana kita ketahui PSSI sebagai pihak yang paling dianggap bertanggungjawab terhadap semua situasi dalam sepakbola nasional kita terus-terusan mendengungkan hal ini. Menurut saya pribadi itu sebagai sebuah penutupan atas kesalahan yang telah diperbuat.

Mengapa harus naturalisasi? 

Apakah memang dengan cara seperti itu lantas sepakbola kita akan maju dan berbicara banyak? Apalagi kalau itu tidak disertai mental bertanding yang kuat.

Wacana PSSI yang kuat adalah menaturalisasi para pemain keturunan Indonesia yang berada di Eropa. Okelah kalau PSSI mau yang seperti itu tetapi sekali lagi apakah lantas itu mengubah keadaan kalau hanya satu aspek saja yang dibenahi?

Boleh saja para pemain itu berasal dari Eropa tapi belum tentu itu menjamin. Ingat, jangan hanya melihat buku dari  luarnya. Apakah berarti dengan ini SDA di negeri ini sudah dibilang payah? Semua berpaling bagaimana pengelolaannya dan manajemennya. Kalau nanti sudah bisa dinaturalisasi manajemannya masih itu-itu juga. Ya sama saja bohong. Beli kucing dalam karung.

Ingat kita ini bukan Singapura! Dia wajar negara kecil. Hampir sekecil Batam. Naturalisasi dilakukan karena penduduknya kurang terutama dalam bidang olahraga.

3 komentar:

dolly mengatakan...

buat apa naturalisasi,,, buat pa menang tapi bukan dari pemuda bangsa nya,...!! gw ga setuju

dolly mengatakan...

ga setuju naturalisasi!!! buat apa menang cuma bukan dari pemuda bangsa nya sendiri!!!

jagurdermuluk mengatakan...

Sama bro, gue juga demikian. Kenapa kita lebih suka cara yang praktis ya demi tujuan?